Screen Saver

Haldy Dwi Prayoga
Energy Saving Mode using CSS3

Move your mouse to go back to the page!
Jangan panik!!! Hanya gerakkan mouse ente dan silahkan baca kembali posting ane!

Support design by: haldyy - September 2016

Selasa, 23 Desember 2014

Pengantar Bisnis Semester 1



TULISAN 1


MEMULAI BISNIS LEWAT WARUNG INTERNET


PENDAHULUAN:

Era modern membuat semua orang menciptakan bisnis yang sangat kreatif,tak bisa di pungkiri kecanggihan teknologi membuat siapa saja membutuhkannya,teknologi sangat berperan dalam komunikasi,saat ini komunikasi sangat lah cepat tersebar dan sekarang pebisnis kecilpun sangat berani membuka usaha dalam hal komunikasi

ISI:


Warung Internet atau biasa disingkat warnet adalah salah satu bentuk usaha yang dikelola oleh kelompok atau individu yang memberikan pelayanan dalam bentuk jasa internet oleh penggunanya. Biasanya pengguna dikenakan biaya per jam atau lebih, sesuai lama penggunaannya.

Pasar Warnet
Kebanyakan, warnet di buka di lahan yang dekat dengan tempat pendidikan, seperti sekolah, tempat les, atau kampus. Sehingga, penggunanya pun tak jauh dari siswa / siswi, mahasiswa, guru, atau dosen yang secara kebetulan atau tidak membutuhkan jasa internet.


Tetapi, ketika perkembangan teknologi telah merambah ke seluruh penjuru, warnet pun merambah ke seluruh pelosok pemukiman, dan tempat - tempat yang sebelumnya tidak diperkirakan dapat dijadikan sebagai lahan untuk membuka usaha warung internet. Oleh karena itu, pengguna warnet menjadi semakin luas, mulai dari anak - anak sampai orang tua.

Hal ini dikarenakan, kebutuhan internet yang semakin naik dari yang tadinya kebutuhan senggang menjadi kebutuhan yang memang harus dipenuhi untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat, akurat dan terkini atau teraktual. Ditambah lagi dengan banyaknya menu pilihan yang dapat dipilih oleh anda, keluarga anda, kerabat atau sanak famili anda.

Mulai dari berita tentang kehidupan, teknologi, ekonomi. sosial, politik, tips - tips menarik, jaringan sosial, sampai permainan yang dapat membunuh rasa bosan anda dapat anda nikmati melalui dunia internet.

Fungsi dan Manfaat Warnet itu sendiri?
Fungsi dan manfaat didirikannya warnet itu sendiri adalah untuk membantu para pengguna untuk memenuhi kebutuhannya akan internet apabila pengguna tersebut tidak memiliki koneksi internet dirumahnya.
Warnet itu sendiri sering dijadikan sebagai tempat atau ajang lomba asah kreativitas kita di dalam bidang teknologi informasi, seperti pengadaan lomba permainan online yang berhubungan dengan ketangkasan anak dalam memainkan sebuah permainan, lomba essai tentang dunia internet masa kini, dan lomba - lomba lainnya.

PENUTUP :

Tak bisa di pungkiri era zaman global membuat apa saja menjadi peluang bisnis,walau hanya sebatas warung,nyatanya kita dapat menjadikannya tempat informasi terbaru dan sekarang sudah banyak warung-warung internet tersebar dan pasti akan menarik peminat.

DAFTAR PUSTAKA :




TULISAN 2


DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK


PENDAHULUAN:

Banyak nya sampah termasuk plastik bukan saja mencemari lingkungan,namun merusak pemandangan di wilayah yang terdapat sampah mendaur ulang adalah satu hal yang sangat membantu salah satunya daur ulang plastik yang terbilang unik dan menarik

ISI:

Plastik sudah menjadi kebutuhan sehari-hari di kehidupan manusia saat ini. Mulai dari produk elektronik, makanan, minuman, mainan, rumah tangga, dan lain-lain. Seiring dengan kemajuan jaman dan pola hidup manusia saat ini maka pemakaian plastik yang semakin tinggi akhirnya menimbulkan dampak negatif yaitu sampah.

Plastik memiliki waktu lama jika melewati proses daur ulang secara alami sehingga menjadi permasalahan serius karena memberikan kontribusi serius pada soal sampah. Pemrosesan daur ulang sampah plastik yang sudah dilakukan sekarang masih berbanding jauh dengan jumlah sampah plastik yang dihasilkan. Melihat kondisi diatas maka diperlukan ide dan kreatifitas guna menekan jumlah limbahplastik menjadi barang lain yang bermanfaat.

Salah satu yang bisa menjadi ide adalah mengolah sampah plastik menjadi produk keperluan rumah tangga. Ada banyak jenis barang berguna dari daur ulang limbah plastik seperti keranjang sampah, tas, souvenir, dan lain sebagainya. Ketika sampah berubah menjadi bentuk serta fungsi lain yang bisa bermanfaat maka itu merupakan sumber peluang bisnis alternatif yang menguntungkan.

Sampah plastik yang bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat kerajinan sangat bermacam-macam. Mulai plastik keras dari kemasan botol minuman hingga plastik “lunak” seperti kantong plastik. Bahan penunjang tambahan juga tidak terlalu banyak seperti lem, benang, kawat, dan pewarna (jika diperlukan). Ketika semua sudah tersedia tinggal yang paling menentukan adalah ide untuk mendapatkan kreasi produk yang inovatif serta berguna. Tentu saja yang memiliki nilai jual tinggi dipasaran.

Kekuatan dari produk daur ulang sampah plastik ini tidak diragukan lagi. Selain plastik terbuat dari bahan sintetis yang sifatnya tahan lama, jika dalam

pembuatannya teliti maka tingkat keawetan produk tersebut bisa lama. Setiap produk yang memiliki nilai seni dan kegunaannya luas maka otomatis pasar akan merespon dengan antusias. Keuntungan yang didapatkan dari penjualan produk plastik daur ulang persentasenya tinggi karena tidak memerlukan biaya tinggi untuk mendapatkan bahan-bahannya.

Peluang usaha daur ulang limbah plastik ini masuk kategori industri global, dalam arti bahwa tidak hanya industri skala besar saja yang bisa melakukannya tetapi usaha kecil dan menengah juga dapat mendaur ulang sampah plastik menjadi produk yang berguna. Jika anda peduli dengan lingkungsan dan memiliki ide-ide yang inovatif maka peluang usaha daur ulang sampah plastik ini bisa menjadi pilihan bijaksana yang menguntungkan.

PENUTUP :

Peluang berbisnis tidak selalu dari hal yang baru ,dari artikel di atas dari hal yang sudah tidak terpakai dan bekas saja kita bisa memulai usaha yang menjanjikan,mendaur ulang sampah ialah salah satu bisnis yang menarik,kita tidak butuh barang baru dari barang bekas saja bisa memulai hal yang menjanjikan

DAFTAR PUSTAKA:


TULISAN 3


KRISIS EKONOMI GLOBAL 2008


PENDAHULUAN :

Krisis ekonomi merupakan peristiwa di mana seluruh sektor ekonomi pasar dunia mengalami keruntuhan dan mempengaruhi sektor lainnya di seluruh dunia. Ini dapat kita lihat bahwa negara adidaya yang memegang kendali ekonomi pasar dunia yang mengalami keruntuhan besar dari sektor ekonominya. Bencana pasar keuangan akibat rontoknya perusahaan keuangan dan bank-bank besar di Negeri Paman Sam satu per satu, tinggal menunggu waktu saja. Bangkrutnya Lehman Brothers langsung mengguncang bursa saham di seluruh dunia.

 ISI:
Krisis ekonomi global yang terjadi pada tahun 2008 sebenarnya bermula pada krisis ekonomi Amerika Serikat yang lalu menyebar ke negara-negara lain di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Krisis ekonomi Amerika diawali karena adanya dorongan untuk konsumsi (propincity to Consume).

Terdapat enam penyebab terjadinya krisis ekonomi Amerika Serikat, yaitu penumpukkan hutang yang sangat besar, adanya program pengurangan pajak korporasi yang mengakibatkan berkurangnya pendapatan Negara, besarnya biaya yang dikeluarkan untuk membiayai perang Irak dan Afghanistan, lembaga pengawas keuangan CFTC (Commodity Futures Trading Commision) tidak mengawasi mengawasi ICE (Inter Continental Exchange) sebuah badan yang melakukan aktifitas perdagangan berjangka, kerugian surat berharga property, dan yang terakhir adalah keputusan suku bunga murah yang mengakibatkan timbulnya spekulasi yang berlebihan. Penurunan suku bunga yang dilakukan oleh The Federal Reserve of The United States atau bank sentral Amerika yang kala itu dipimpin oleh master ekonom dunia Alan Greenspan membuat gejolak baru di pasar amerika.

Rakyat Amerika hidup dalam konsumerisme di luar batas kemampuan pendapatan yang diterimanya. Mereka hidup dalam hutang, belanja dengan kartu kredit, dan kredit perumahan.

Akibatnya lembaga keuangan yang memberikan kredit tersebut bangkrut karena kehilangan likuiditasnya, karena piutang perusahaan kepada para kreditor perumahan telah digadaikan kepada lembaga pemberi pinjaman. Pada akhirnya perusahaan –perusahaan tersebut harus bangkrut karena tidak dapat membayar seluruh hutang-hutangnya yang mengalami jatuh tempo pada saat yang bersamaan. Runtuhnya perusahaan-perusahaan finansial tersebut mengakibatkan bursa saham Wall Street menjadi tak berdaya, perusahaan-perusahaan besar tak sanggup bertahan seperti Lehman Brothers dan Goldman Sachs. Krisis tersebut terus merambat ke sektor riil dan non-keuangan di seluruh dunia.

Krisis keuangan di Amerika Serikat pada awal dan pertengahan tahun 2008 telah menyebabkan menurunnya daya beli masyarakat Amerika Serikat yang selama ini dikenal sebagai konsumen terbesar atas produk-produk dari berbagai negara di seluruh dunia. Penurunan daya serap pasar itu menyebabkan volume impor menurun drastis yang berarti menurunnya ekspor dari negara-negara produsen berbagai produk yang selama ini dikonsumsi ataupun yang dibutuhkan oleh industri Amerika Serikat. Oleh karena volume ekonomi Amerika Serikat itu sangat besar, maka sudah tentu dampaknya kepada semua negara pengekspor di seluruh dunia menjadi serius pula, terutama negara-negara yang mengandalkan ekspornya ke Amerika Serikat.


MENJALARNYA KRISIS KE SELURUH DUNIA
Tanggal 15 September 2008 menjadi catatan kelam sejarah perekonomian Amerika Serikat, kebangkrutan Leman Brothers yang merupakan salah satu perusahaan investasi atau bank keuangan senior dan terbesar ke 4 di Amerika serikat menjadi awal dari drama krisis keuangan di negara yang mengagung-agungkan sistem kapitalis tanpa batas. Siapa yang menyangka suatu negara yang merupakan tembok kapitalis dunia akan runtuh .Celakanya apa yang terjadi di Amerika Serikat dengan cepat menyebar dan menjalar keseluruh dunia. Hanya beberapa saat setelah informasi runtuhnya pusat keuangan dunia di Amerika, transaksi bursa saham diberbagai belahan dunia seperti Hongkong, China, Australia, Singapura, Korea Selatan, dan Negara lainnya mengalami penurunan drastis, bahkan Bursa Saham Indonesia (BEI) harus disuspend selama beberapa hari, pemerintah Indonesia pun kelihatan panik dalam menyikapi permasalahan ini, peristiwa ini menandai fase awal dirasakannya dampak krisis ekonomi global yang pada mulanya terjadinya di Amerika dirasakan oleh negara Indonesia.Dilihat dari faktor penyebabnya, krisis Ekonomi global pada saat ini berbeda dengan krisis ekonomi yang melanda Indonesia lebih kurang satu dasawarsa lalu, yang mana pada saat itu krisis ekonomi yang melanda Indonesia lebih disebabkan oleh ketidakmampuan Indonesia menyediakan alat pembayaran luar negeri, dan tidak kokohnya struktur perekonomian Indonesia, tetapi krisis keuangan global pada tahun 2008 ini berasal dari faktor-faktor yang terjadi di luar negeri. Tetapi kalau kita tidak hati-hati dan waspada dalam menyikapi permasalahan ini, tidak mustahil dampak krisis keuangan global pada tahun 2008 ini akan sama atau bahkan lebih buruk jika dibandingkan dengan dampak dari krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1998.Perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia, selain menyebabkan volume perdagangan global pada tahun 2009 merosot tajam, juga akan berdampak pada banyaknya industri besar yang terancam bangkrut, terjadinya penurunan kapasitas produksi, dan terjadinya lonjakan jumlah pengangguran dunia. Bagi negara-negara berkembang dan emerging markets, situasi ini dapat merusak fundamental perekonomian, dan memicu terjadinya krisis ekonomi.Kekhawatiran atas dampak negatif pelemahan ekonomi global terhadap perekonomian di negara-negara emerging markets dan fenomena flight to quality dari investor global di tengah krisis keuangan dunia dewasa ini, telah memberikan tekanan pada mata uang seluruh dunia, termasuk Indonesia dan mengeringkan likuiditas dolar Amerika Serikat di pasar domestik banyak negara. Hal ini menyebabkan pasar valas di negara-negara maju maupun berkembang cenderung bergejolak di tengah ketidakpastian yang meningkat.Sebagai negara dengan perekonomian terbuka, meskipun Indonesia telah membangun momentum pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, tidak akan terlepas dari dampak negatif perlemahan ekonomi dunia tersebut. Krisis keuangan global yang mulai berpengaruh secara signifikan dalam triwulan III tahun 2008, dan secondround effectnya akan mulai dirasakan meningkat intensitasnya pada tahun 2009, diperkirakan akan berdampak negatif pada kinerja ekonomi makro Indonesia dalam tahun 2009 baik di sisi neraca pembayaran dan neraca sektor riil, maupun sektor moneter dan sektor fiskal (APBN).Dampak negatif yang paling cepat dirasakan sebagai akibat dari krisis perekonomian global adalah pada sektor keuangan melalui aspek sentimen psikologis maupun akibat merosotnya likuiditas global. Penurunan indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) mencapai sekitar 50,0 persen, dan depresiasi nilai tukar rupiah disertai dengan volatilitas yang meningkat. Sepanjang tahun 2008, nilai tukar rupiah telah terdepresiasi sebesar 17,5 persen. Kecenderungan volatilitas nilai tukar rupiah tersebut masih akan berlanjut hingga tahun 2009 dengan masih berlangsungnya upaya penurunan utang (deleveraging) dari lembaga keuangan Kondisi bursa dan pasar keuangan secara global telah mengalami tekanan yang sangat berat, akibat kerugian yang terjadi di pasar perumahan (subprime mortgages) yang berimbas ke sektor keuangan Amerika Serikat. Lembaga-lembaga keuangan raksasa mulai bertumbangan akibat nilai investasi mereka jeblok. Banyak diantara lembaga-lembaga keuangan yang sudah berusia lebih dari seratus tahun tersebut harus meminta penyelamatan keuangan mereka apabila tidak mau gulung tikar. Bahkan Fannie Mae dan Freddie Mac, sebagai lembaga penyalur kredit terbesar di AS dengan nilai kredit mencapai sekitar USD 5 triliun, juga harus diselamatkan oleh Pemerintah. Investment Banker sekelas Lehman Brothers juga terpaksa menutup usahanya. Kondisi bursa saham juga sangat memprihatinkan yang ditunjukkan dengan turunnya indeks Dow Jones kepada posisi yang sangat rendah (paling rendah dalam 2 dekade terakhir).Hal ini berimbas ke negara-negara lain di dunia, baik di Eropa, Asia, Australia maupun Timur Tengah. Indeks harga saham di bursa global juga mengikuti keterpurukan indeks harga saham bursa di AS, bahkan di Asia, termasuk Indonesia, indeks harga saham menukik tajam melebihi penurunan indeks saham di AS sendiri. Hal ini mengakibatkan kepanikan yang luar biasa bagi para investor, sehingga sentimen negatif terus berkembang, yang mengakibatkan banyak harga saham dengan fundamental yang bagus, nilainya ikut tergerus tajam.
Selain keadaan yang memprihatinkan di lingkungan bursa saham, nilai tukar mata uang di Asia dan Australia pun ikut melemah terhadap dolar AS. Hal ini lebih dikarenakan kekhawatiran investor asing yang menarik kembali investasinya sehingga menukarkannya ke dalam dolar AS, sehingga mata uang lokal menjadi tertekan.

 DAMPAK KRISIS TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA
A. Dampak terhadap Perbankan
Dalam konteks perbankan, Pemerintah perlu berhati-hati, karena tidak ada yang dapat memperkirakan dalam dan luasnya krisis keungan global ini. Menyikapi permasalahan ini, Pemerintah dan otoritas moneter telah melakukan beberapa langkah yang sangat tepat untuk mengurangi kekhawatiran/ketidakpercayaan publik terhadap kapabilitas dan likuiditas bank-bank nasional, yaitu antara lain:
– Penaikkan BI rate menjadi 9,5% untuk mengantisipasi depresiasi terhadap nilai Rupiah dengan meningkatkan atraktifitas investasi dalam nilai Rupiah akibat spread bunga domestik dan luar negeri yang cukup tinggi;
– Peningkatan jumlah simpanan di bank yang dijamin oleh Pemerintah dari Rp 100 juta menjadi Rp 2 milyar, untuk mengantisipasi rush akibat kekhawatiran masyarakat terhadap keamanan simpanannya di bank. Hal ini dilakukan dengan pengeluaran Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang. (Perpu);
– Perluasan jenis aset milik bank yang boleh diagunkan kepada BI, yang tadinya hanya meliputi aset kualitas tinggi (SBI dan SUN), namun melalui Perpu, aset yang dapat dijaminkan diperluas dengan Kredit lancar milik bank (ditujukan untuk mengantisipasi turunnya harga pasar SUN, yang terlihat dengan naiknya yield). Hal ini ditujukan untuk mempermudah Bank dalam mengatasi kesulitan likuiditas, sehingga dapat memperoleh jumlah dana yang cukup dari BI.
Kekhawatiran yang dialami oleh masyarakat terhadap dunia perbankan, sebenarnya lebih berdasarkan pada sentimen negatif yang berlebihan akibat krisis di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa. Apabila penanganan krisis di negara-negara tersebut berhasil, maka otomatis kekhawatiran masyarakat terhadap perbankan nasional pun akan hilang. Namun sebaliknya, apabila krisis global bertambah parah, maka kekhawatiran masyarakat juga akan meningkat yang dapat mengakibatkan meningkatnya animo masyarakat untuk mengambil simpanannya di bank-bank nasional, sehingga akan membuat ambruknya sendi-sendi perbankan nasional. Untuk mengantisipasi hal ini, maka salah satu alternatif yang perlu dipikirkan oleh Pemerintah adalah dengan menjamin 100% semua dana nasabah, termasuk dana kredit yang dikucurkan oleh bank. Hal ini bertujuan agar masyarakat tidak khawatir terhadap simpanannya dan dunia perbankan bisa berjalan dengan normal sekaligus menjaga sektor riel bisa tetap bergerak dengan terjaminnya kebutuhan dana dari perbankan.

B. Dampak terhadap Bursa Saham
Bursa saham Indonesia juga mengalami penurunan indeks yang signifikan, sampai melebihi 11%, sehingga memaksa Otoritas Bursa untuk melakukan penghentian perdagangan selama 3 hari untuk mencegah lebih terpuruknya bursa akibat sentimen negatif. Untuk memitigasi kemungkinan lebih terpuruknya indeks yang tidak mencerminkan fundamental perusahaan, maka telah diambil berbagai langkah antar lain:
– Pelarangan short selling, dan penyelidikan terhadapa beberapa perusahaan sekuritas yang disinyalir melakukan short selling pada saat terjadi kepanikan di BEI.
– Penetapan auto rejection sampai dengan 10% (batas atas dan batas bawah) dari sebelumnya sebesar 30%, untuk mencegah lebih terburuknya indeks dan di sisi lain mencegah terjadinya aksi profit taking yang berlebihan dari investor. (Walaupun sebenarnya kebijakan ini, terutama untuk ketentuan batas atas, akan memperlambat pulihnya indeks/rebound).
– Pencanangan program buyback oleh Pemerintah dan BUMN yang diikuti dengan pengendoran aturan buyback di bursa saham, yang bertujuan untuk menstabilkan pasar saham serta mencegah dikuasainya aset negara oleh pihak-pihak asing dengan harga sangat murah.

C. Dampak terhadap Nilai Tukar dan Inflasi
Dampak krisis keuangan jelas terlihat pada nilai tukar Rupiah yang melemah terhadap dolar AS bahkan sempat mencapai RP 10.000/USD pada minggu kedua Oktober 2008. Hal ini lebih dikarenakan adanya aliran keluar modal asing akibat kepanikan yang berlebihan terhadap krisis keuangan global.
Dampak sejenis juga akan terjadi pada inflasi. Karena melemahnya Rupiah terhadap USD, maka harga barang-barang juga akan terimbas untuk naik, karena Indonesia masih mengimpor banyak kebutuhan termasuk tepung dan kedelai.

D. Dampak terhadap Ekspor dan Impor
Krisis keuangan global ini sudah pasti akan sangat berdampak kepada ekspor Indonesia ke negara-negara tujuan ekspor, bukan hanya ke AS. Selama 5 tahun terakhir ini, ekspor Indonesia ke Amerika menempati urutan ke-2 setelah Jepang dengan kisaran masing-masing 12% – 15%. Selain itu, negara-negara importir produk Indonesia pada urutan ke-3 s.d. 10 (Singapura, RRC, India, Malaysia, Korsel, Belanda, Thailand, Taiwan) menyumbang sekitar 45% dari total ekspor Indonesia. Dari informasi tersebut, hampir dapat dipastikan bahwa keseluruhan negara-negara tersebut sedang mengalami dampak krisis keuangan global yang berakibat pada perlambatan ekonomi di setiap negara. Lebih lanjut hal ini akan mengakibatkan penurunan kemampuan membeli atau bahkan membayar produk ekspor yang dihasilkan Indonesia, sehingga pada akhirnya akan memukul industri yang berorientasi ekspor di Indonesia. Hal ini sudah terkemuka di publik melalui media massa, terutama untuk sektor garmen, kerajinan, mebel dan sepatu, banyak keluhan para pelaku bisnis yang mengatalami penurunan order dan kelambatan pembayaran dari rekanan bisnis yang mengimport barangnya. (Data statistik belum dapat diperoleh).
Dampak yang tidak menguntungkan juga terjadi di sisi impor, karena dengan melemahnya Rupiah, maka nilai impor akan melonjak yang selanjutnya akan menyulitkan para importir untuk menyelesaikan transaksi impor. Dampak berikutnya adalah melonjaknya harga-harga bahan yang berasal dari impor di pasar sehingga inflasi meningkat dan daya beli masyarakat juga akan menurun. Hal ini selanjutnya mengakibatkan turunnya daya serap masayrakat terhadap barang-barang impor sehingga pada akhirnya akan mengakibatkan penurunan jumlah impor.
e. Dampak terhadap Sektor Riel dan Pengangguran
Dampak terhadap sektor riel dapat dilihat dari dua aspek, yaitu:
– Menurunnya order dari rekanan di luar negeri sehingga banyak perusahaan kesulitan memasarkan produknya yang pada akhirnya harus melakukan efisiensi atau rasionalisasi supaya dapat bertahan hidup.
– Melemahnya daya beli masyarakat Indonesia karena melemahnya mata uang Rupiah dan kenaikan inflasi serta kesulitan likuiditas atau modal kerja dari perbankan yang mengetatkan kebijakan pemberian kreditnya.
Kedua hal tersebut mengakibatkan industri di sektor riel menjadi tertekan, sehingga apabila hal ini berlarut-larut akan melemahkan daya tahan perusahaan yang akan berimbas pada kemungkinan melakukan PHK bagi para karyawannnya demi mengurangi beban perusahaan atau karena memang perusahaan sudah tidak mampu lagi beroperasi.

Krisis ekonomi Amerika tersebut yang semakin lama semakin merambat menjadi krisis ekonomi global karena sebenarnya perekonomian di dunia ini saling terhubung satu sama lainnya, peristiwa yang terjadi di suatu tempat akan berpengaruh di tempat lainnya. Dan tidak jarang dampak yang terjadi jauh lebih besar daripada yang terjadi di tempat asalnya. Oleh karena itu Indonesia juga turut merasakan krisis ekonomi global ini. Indonesia merupakan Negara yang masih sangat bergantung dengan aliran dana dari investor asing, dengan adanya krisis global ini secara otomatis para investor asing tersebut menarik dananya dari Indonesia. Hal ini yang berakibat jatuhnya nilai mata uang kita. Aliran dana asing yang tadinya akan digunakan untuk pembangunan ekonomi dan untuk menjalankan perusahaan-perusahaan hilang, banyak perusahaan menjadi tidak berdaya, yang pada ujungnya Negara kembalilah yang harus menanggung hutang perbankan dan perusahaanswasta.Nilai ekspor Indonesia juga berperan dalam sebagai penyelamat dalam krisis global tahun 2008 lalu. Kecilnya proporsi ekspor terhadap  PDB (Product Domestic Bruto) cukup menjadi penyelamat dalam menghadapi krisis finansial di akhir tahun 2008 lalu. Di regional Asia sendiri, Indonesia merupakan negara yang mengalami dampak negatif paling ringan dari krisis tersebut dibandingkan negara lainnya. Beberapa pihak mengatakan bahwa ‘selamat’nya Indonesia dari gempuran krisis finansial yang berasal dari Amerika itu adalah berkat minimnya proporsi ekspor terhadap PDB. Negara-negara yang memiliki rasio ekspor dengan PDB yang tinggi mengalami pertumbuhan ekonomi yang negatif, seperti Singapura yang rasio ekspornya mencapai 200% dan Malaysia mencapai 100%, sedangkan Indonesia sendiri ‘terselamatkan’ dengan hanya memiliki rasio ekspor sebesar 29%Dampak lainnya adalah karena krisis global, kini semakin banyak perusahaan yang mengurangi jumlah tenaga kerjanya. Diperkirakan 200 ribu jiwa akan menjadi pengangguran pada tahun 2009. Dengan bertambahnya angka pengangguran maka pendapatan per kapita juga akan berkurang dan angka kemiskinan juga akan ikut bertambah pula. Karena krisis yang terjadi adalah krisis global, maka tenaga kerja kita yang ada di luar negeri juga merasakan imbasnya. Malaysia merencanakan untuk memulangkan sekitar 1,2 juta tki yang mayoritas berasal dari Indonesia karena akan memprioritaskan pekerja lokal. Itu baru dari satu Negara, belum lagi dari Negara-negara lainnya. Hal tersebut tentu saja sangat mempengaruhi roda perekonomian Negara kita. Jika pemerintah tidak dapat menyediakan lapangan kerja yang cukup, maka krisis ini akan menjadi krisis yang sangat besar.Langkah antisipasi untuk mengatasi dampak krisis ini nampaknya sudah dipikirkan oleh pakar ekonomi negera ini. Pakar-pakar ekonomi dari Fakultas Ekonomi yang tergabung dalam organisasi KAGAMA (Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada) merekomendasikan beberapa langkah untuk mengatasi krisisi gobal yang kini melanda bangsa Indonesia. Meskipun mereka mengakui pemerintah sudah mengeluarkan beberapa kebijakan yang berkaitan dengan antisipasi krisis keuangan global tersebut, tetapi kebijakan tersebut menurut mereka perlu dikaji kembali secara menyeluruh tentang segala aspek kehidupan dan bersifat antisipatif jauh ke depan. Dua puluh enam pakar ekonomi yang diketuai oleh ekonom terkemuka Prof. Dr. Sjafrie Sairin, MA ini menghasilkan beberapa langkah rumusan untuk mengatasi dampak krisis global, antara lain

1.     Melakukan penyesuaian APBN 2009 dengan prioritas untuk pembangunan infrastruktur dalam bentuk program padat karya disamping melakukan penataan bagi sektor informal di kota-kota dengan kebijakan anti penggusuran.

2.     Di bidang pertanian, diambil langkah untuk mengarahkan petani miskin dan penganggur untuk mendapatkan lahan produktif sebagai modal untuk meningkatkan taraf hidup serta membatalkan rencana pemberlakuan pajak terhadap produk-produk pertanian.

3.     Untuk bidang ekonomi makro, mendesak diturunkan suku bunga dan melonggarkan likuiditas untuk menggerakkan sektor riil serta memberikan insentif pajak bagi industri yang mempunyai basis penyerapan tenaga kerja yang besar.

4.     Pemerintah disarankan secara serius mengelola resiko ekonomi dan fiskal disamping melakukan penguatan pada sektor UMKM dan kewirausahaan.

5.     Pemerintah harus lebih fokus pada pembangunan ekonomi domestik untuk lebih mandiri dan melakukan revitalisasi industri dengan prioritas pada sumberdaya industri dan pembanganun infrastruktur. Indonesia perlu membangun perekonomian yang memiliki daya tahan dan kelenturan yang tinggi agar dapat tetap berkembang dan bertahan dalam kondisi yang semakin dinamis dan kompetitif

6.     Diperlukan kebijakan untuk meningkatkan pemanfaatan tenaga-tenaga sarjana yang terkena imbas PHK sebagai tenaga pendampingan di sektor pertanian, kesehatan dan kependudukan dan terakhir, melakukan reorientasi kebijakan-kebijakan pembangunan yang mendorong ke arah kemandirian bangsa.

Inti dari solusi tersebut adalah penguatan sektor mikro yang relatif tidak terpengaruh oleh faktor-faktor eksternal seperti nilai tukar, kebutuhan negara lain, keadaan ekonomi politik negara lain, dan perjanjian dalam forum perdagangan seperti WTO. Sudah saatnya ekonomi Indonesia berbasis SDM serta SDA asli Indonesia diberi peluang lebih untuk membangun fondasi perekonomian Indonesia berbasis usaha mikro yang terbukti lebih tahan terhadap goncangan serta dapat lebih memberdayakan tenaga kerja negara ini agar tingkat pengangguran semakin berkurang.

Dengan adanya kasus tersebut, para ekonom Indonesia sudah seharusnya mengambil hikmah dari krisis 1998 dan 2008 agar jika krisis-krisis yang sama terulang di tahun-tahun ke depan, Indonesia sudah memiliki fondasi yang kuat serta antisipasi yang matang untuk menghadapinya.

PENUTUPAN

Sosok kerajaan bisnis yang dibangun di atas fondasi semu dan tumpukan utang, menjadi tidak berdaya menghadapi krisis ekonomi. Sampai titik ini pun, pemerintah nampaknya belum juga bangkit kesadarannya, bahwa menyelamatkan sektor modern dengan cara “habis-habisan” (all out dan at all cost) seperti yang terus dilakukan selama ini mengandung konsekuensi yang teramat riskan. Pemerintah masih terobsesi dan selalu disugesti seakan-akan hanya dengan sektor modern itulah bangsa berdaulat ini dapat kembali bangkit dari keterpurukannya.Di luar semua itu, sesungguhnya terdapat kekuatan yang luar biasa yang justru telah menyelamatkan negeri ini dari kebangkrutannya, yaitu ekonomi rakyat. Di atas kertas, perekonomian bangsa ini seharusnya sudah “gulung tikar” sejak angka-angka statistik ekonomi pada periode krisis (1997-1999) menunjukkan kecenderungan yang terus memburuk. Nyatanya, kondisi “sekarat” itu hanya terjadi pada sektor-sektor yang memang mampu tercatat dan terefleksikan dalam angka-angka statistik itu. Di luar angka-angka itu, yang tidak mampu dicatat oleh sistem statistik yang ada, sesungguhnya masih menyimpan potensi, kekuatan, dan daya tahan yang sangat besar.Akankah pemerintah masih terus-menerus menutup mata terhadap eksistensi ekonomi rakyat? Atau akan terus-menerus meyakini wacana yang selalu digembar-gemborkan oleh para ekonom Neo Klasik bahwa pertumbuhan yang terjadi saat ini adalah karena sumbangan konsumsi (driven consumption) orang-orang berduit? Kiranya sejarah telah membuktikan, bahwa memuja dan memanjakan sektor modern secara “membabi-buta” hanya akan menghasilkan konklusi akhir yang menyedihkan, yang rasa pahitnya tidak hanya dikecap oleh sekelompok orang, tetapi seluruh komponen bangsa ini akan turut merasakannya.Bila bangsa ini cukup cerdas untuk menterjemahkan hikmah krisis ekonomi, secara tidak langsung (blessing in disguise) seharusnya peristiwa menyakitkan ini justru dapat menjadi pelajaran yang dipetik hikmahnya. Kesimpulannya, pengabaian (ignoring) eksistensi ekonomi rakyat dan sektor tradisional sudah tiba saatnya untuk segera dihentikan.

DAFTAR PUSTAKA


TULISAN 4


Bisnis Event Organizer – Meraih Keuntungan dari Kemeriahan


PENDAHULUAN :

Kemeriahan dalam suatu acara adalah salah satu potensi bisnis yang dapat di dapat.dengan hanya modal pandai me-manage kita sudah bisa mendapatkan keuntungan yang tidak lah kecil,pentingnya seorang E.O. menjadikan suatu daya tarik tersendiri untuk seseorang memulai bisnis ini.

Isi:

Di kota-kota besar semakin menjamur para pebisnis-pebisnis Event Organizer. Bagi yang belum tahu, Event Organizer adalah penyedia jasa profesional penyelenggara acara dan populer disebut dengan singkatan EO. Tujuan dari sebuah Event Organizer tentu saja adalah untuk membantu kliennya agar bisa menyelenggarakan acara yang diinginkan tanpa harus menjalankan sendiri.

Hal ini tentu karena pihak penyelenggara memiliki keterbatasan sumber daya serta waktu sehingga mereka harus menggunakan jasa EO. Tetapi saat ini kebanyakan klien beralasan bahwa dengan menggunakan jasa EO profesional hasilnya lebih bagus dibandingkan bila dikerjakan sendiri. Mungkin Anda tertarik dengan dunia Event Organizer? Bisnis ini sepenuhnya menguntungkan bila dikerjakan dengan serius dan memiliki inovasi yang membuat orang tertarik.

Jenis Event Organizer

Sebelum Anda membuka jasa penyelenggara acara sebaiknya Anda harus mengetahui berbagai jenis Event Organizer. Jasa EO umumnya dikategorikan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah:

  • EO One Stop Service Agency: ini adalaha jasa EO skala besar yang layak menyelenggarakan acara kelas internasional.
  • EO musik dan entertainment: EO jenis ini lebih banyak bergerak dibidang hiburan, terutama adalah musik seperti konser dan kegiatan entertainment lainnya.
  • EO Wedding: EO ini cukup banyak dan tersebar dibanyak tempat, tugasnya adalah membantu acara pesta pernikahan lebih menarik dan lebih sistematis. Sekain acara pernikahan, EO semacam ini juga bisa membantu menyelenggarakan pesat ulang tahun.
  • EO Brand Activation: EO ini biasanya memiliki jasa yang lebih spesifik, yakni membantu client guna mempromosikan sebuah produk dalam rangka peningkatan penjualan atau bisa juga untuk kegiatan promosi pengenalan merek. EO ini umumnya lebih sering berinteraksi langsung ke target marketnya.
  • EO MICE: EO ini umumnya hanya khusus bergerak pada bidang penyelenggaraan acara berbentuk pertemuan, acara formal dan kegiatan yang berhubungan dengan pariwisata.

Bagi Anda yang masih pemula, mungkin membuka jasa EO Wedding atau EO Musik dan Entertainment cukup pas. EO ini lebih umum dan tidak membutuhkan banyak sekali crew, yang terpenting adalah ide, inovasi dan memiliki fasilitas-fasilitan pendukung. Pada intinya, reputasi bagus sebuah jasa Event Organizer dilihat dari kesuksesan event atau acara yang dibuat. Jika EO Anda banyak meraih kesuksesan dalam menyelenggarakan sebuah acara maka akan semakin dipercaya oleh klien guna menangani berbagai acara lainnya.

Berikut ini adalah beberapa tips jitu dalam menjalankan bisnis Event Organizer:

1. Miliki Pengalaman

Pengalaman sepertinya menjadi hal penting untuk menjalankan bisnis Event Organizer. Jadi pada umumnya orang-orang pemilik jasa EO kebanyakan dahulu pernah bekerja pada perusahaan EO. Berbekal pengalaman tersebutlah dipastikan Anda akan dapat mengetahui tata cara, prosedur mengelola suatu kegiatan, mulai dari masalah penyusunan proposal hingga eksekusi di lapangan. Kami harus mengatakan bahwa sulit menjalankan bisnis ini tanpa pengalaman.

2. Miliki Ide Kreatif dan Inovasi

Tentu klien tidak menginginkan acaranya berjalan biasa-biasa saja. Untuk itulah mereka menyewa jasa EO. Sebuah kewajiban sebuah EO adalah memiliki ide-ide kreatif dan memiliki inovasi yang benar-benar menghadirkan daya tarik. Sebagai contoh salah satu ide kreatif EO Wedding adalah mengadakan kegiatan-kegiatan menarik seperti pemotongan roti besar, melempar bunga, kiss wedding dan ide-idel lain. Jika Anda memililki ide yang lebih banyak, tentu bisa dia aplikasikan pada acara.

3. Miliki Banyak Relasi

Sebuah perusahaan EO biasanya memiliki banyak relasi seperti perusahaan, sekolah, maupun intstansi lain. Dengan semakin banyaknya relasi memungkinkan semakin banyak yang menggunakan jasa EO Anda. Jangan canggung untuk bergaul dengan orang-orang kaya, karena pada umumnya pengguna jasa EO adalah kalangan menengah keatas.

4. Miliki Mitra Kerja

Event Organizer bisa dikatakan adalah tim yang mengerjakan segalanya dalam acara. Perlu banyak crew dan perlu banyak memiliki mitra kerja. Anda harus bekerja sama dengan ahli dan pemilik sound system, tata lampu, penggung atau scafholding serta konstruksi rigging, perlengkapan meja, kursi, partisi, karpet, fotografer, videografer, alat musik, desainer grafis, penampil acara, MC dan lain sebagainya. Pastikan mitra kerja Anda memiliki kualitas SDM dan peralatan bagus karena akan berpengaruh pada reputasi jasa EO Anda.

5. Miliki Tim Solid

Memiliki crew banyak tidak menjamin acara berhasil dan sukses. Tetapi memiliki crew banyak, tapi solid dan professional sudah tentu akan sukses. Setiap crew harus mendapat job description masing-masing, kemudian juga harus melaporkan progresnya masing-masing. Ingat bahwa sukses atau tidaknya sebuah acara atau event sangat bergantung sekali dengan kesiapan, koordinasi maupun kerjasama antar teamwork.

6. Pemasaran Online

Strategi marketing yang harus Anda jalankan adalah melalui internet, memanfaatkan website resmi agar lebih bonafit. Selain itu juga bisa melalui media sosial.

PENUTUP:

Penting nya suatu orang yang pintar me-manage (E.O.) menjadikan suatu bisnis yang menjanjikan di suatu acara,apalagi seorang E.O. yang sudah sering atau profesional sudah pasti mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda bila berhasil mengelola acara tersebut.

DAFTAR PUSTAKA




TULISAN 5       


Peluang Bisnis Modal Kecil Yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah


PENDAHULUAN :

Kini bisnis bisa menjadi sangat praktis,tidak memerlukan ruangan atau lapangan pekerjaan yang luas,sekarang pebisnis bisa saja memulai bisnis rumahan selagi bisnis ini menguntungkan si pebisnis,tidak tanggung-tanggung pebisnis rumahan kini marak beredar,mungkin salah satu karna faktor mahalnya sewa gedung yang membuat pebisnis berfikir dua kali untuk menyewanya,menjadikan rumah sendiri menjadi modal untuk berbisnis.

ISI:

Kalau saya perhatikan, saat ini semakin banyak pengusaha yang bermunculan di Indonesia. Tidak hanya pengusaha berskala besar tapi juga pengusaha kecil dan menengah, bahkan usaha kecil menengah (UKM) saat ini mengalami peningkatan yang cukup besar pertumbuhannya. Adanya peluang bisnis dengan modal kecil membuat orang untuk mencoba membangun usahanya sendiri. Cukup banyak pengusaha kecil menengah tidak hanya membuka toko yang ada fisik nya tetapi toko virtual di internet yang dapat menjangkau orang lebih banyak lagi, bahkan beberapa pengusaha online yang saya kenal memiliki penghasilan yang membuat saya “ngiler” hehehe. Nah setelah saya melihat bisnis online kenalan saya itu sangat berhasil, saya tertarik untuk membuat artikel yang berhubungan dengan bisnis, baik itu bisnis offline dan juga online.

Beberapa calon pengusaha sering mengalami kendala ketika ingin memulai sebuah bisnis untuk mereka. Dan kendala yang sering kita dengar adalah kurangnya modal awal untuk memulai bisnis mereka. Mungkin Anda berpikir akan lebih baik meminjam uang dari bank atau mencari investor, memang benar langkah itu bisa dilakukan tapi ini bukanlah perkara mudah. Kebanyakan bank dan investor bisnis pasti akan menanyakan pengalaman bisnis kita sebelumnya dan juga informasi-informasi lainnya yang tidak kita miliki, dan akhirnya kita tidak bisa mendapatkan modal. Lalu, apakah kekurangan modal menjadi penghambat bagi kita untuk memulai bisnis yang kita inginkan? Tentu saja tidak! Kita bisa memulai sebuah bisnis yang dapat dikerjakan walau dengan modal yang minim karena kita bisa menemukan banyak sekali peluang usaha modal kecil di sekitar kita.

Kalau kita bicara bisnis modal kecil berarti kita memang harus tetap punya modal yang cukup untuk memulai bisnis tersebut. Kita tetap harus mengeluarkan uang, selain itu kita juga harus punya modal non-materil seperti pengetahuan tentang bisnis yang akan dijalankan, modal kemauan & usaha yang keras. Kita bisa memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar kita untuk memaksimalkan usaha yang akan dijalankan, misalnya memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha agar bisa mengurangi biaya sewa tempat, memanfaatkan anggota keluarga dalam menjalankan bisnis untuk mengurangi biaya gaji karyawan, dan lain-lain.

Beberapa peluang bisnis dengan modal kecil yang sering dikerjakan oleh pengusaha kecil dan menengah:

A. Bisnis Offline dari Rumah


Ada banyak sekali peluang bisnis modal kecil yang bisa dikerjakan dari rumah. Kita dapat melakukan semua proses menjalankan bisnis dengan baik tanpa harus menyewa tempat. Walaupun begitu kita harus mempertimbangkan market yang ada di sekitar kita, apakah akan ada orang yang membutuhkan produk yang kita jual di sana? Berikut ini adalah beberapa jenis usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa kita kerjakan:

1. Membuka jasa menjahit
Banyak orang yang ingin menjahitkan pakaiannya dengan model dan ukuran tertentu, nah mereka ini pasti selalu mencari jasa menjahit pakaian untuk mereka. Bisnis ini sangat cocok untuk orang yang memiliki minat pada fashion, tentunya Anda harus memiliki kemampuan dalam menjahit dan mendesain pakaian.

2. Bisnis Kuliner
Kalau Anda memiliki resep makanan yang unik atau bisa membuat snack yang digemari banyak orang, maka Anda harus mempertimbangkan bisnis ini. Usaha ini sangat cocok untuk orang yang menyukai tentang kuliner. Tidak sedikit orang yang berhasil menjalankan bisnis makanan, bahkan bisnisnya semakin berkembang dan membuka cabang di tempat lain.


3. Menjual pulsa elektrik
Memulai bisnis jual pulsa saat ini sangat mudah hanya dengan modal Rp 100.000 – Rp 300.000 kita sudah bisa mulai menjalankan bisnis ini, cocok dikerjakan dimana saja dan siapa saja. Bila Anda adalah seseorang yang aktif dalam sebuah network, organisasi dimana anggotanya cukup banyak, atau anak kuliahan, maka bisnis jual pulsa bisa sangat menguntungkan lho karena kita bisa menjualnya pada teman-teman yang berada di network, organisasi, kampus.

4. Membuka les private 
Bila kita memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, misalnya; gitar, bahasa Inggris, computer, dan lain-lain, kita bisa memberikan les private di rumah atau bisa juga dilakukan di tempat lain tergantung kondisi yang ada.

5. Membuka warung atau toko sembako
Bisnis ini sudah banyak yang mengerjakannya karena itu kita sebaiknya melihat tingkat persaingan yang ada, lokasi, dan juga modal yang kita miliki.


6. Bisnis Jasa design, editing foto, dan percetakan
Tentunya kita harus memiliki kemampuan dalam menggunakan software editing foto, seperti: CorelDraw, Photoshop, dan lainnya. Untuk membuka sebuah usaha percetakan digital atau digital printing, Anda tidak harus punya modal yang sangat besar. Kita bisa bermitra dengan pengusaha percetakan digital yang sudah berjalan, misalnya seperti Wanabi Print.

7. Membuka jasa laundry
Bisnis laundry akan sangat laris bila berlokasi di dekat kampus, kost-kostan. Kalau kita perhatikan bisnis laundry ini semakin banyak dan semakin bermacam-macam layanannya, bahkan ada yang menawarkan untuk menjemput pakaian yang akan di-laundry. Bila Anda merasa bisnis ini cocok dengan Anda maka sebaiknya Anda segera melakukannya karena bisnis ini akan selalu dicari oleh banyak orang.

B. Bisnis Online dari Rumah

Bisnis online sangat cocok bila dikombinasikan dengan bisnis offline yang kita miliki. Misalnya kita punya toko yang menjual furniture cantik, nah kita bisa menjual furniture kita itu secara online, dan tentunya pasarnya akan semakin luas karena bisa dijangkau lebih banyak orang. Bila kita tidak memiliki bisnis offline, kita tetap bisa membangun sebuah bisnis secara online. Berikut ini adalah beberapa bisnis online yang bisa dikerjakan dari rumah dengan modal kecil:


1. Bisnis Affiliasi
Ini adalah bisnis yang banyak dijalankan oleh banyak internet marketer baik di luar negeri atau pun di dalam negeri. Kita tidak harus memiliki produk, tapi kita bisa menjual produk orang lain melalui internet, baik itu melalui blog, social media, email, dan lain-lain, dan kita mendapatkan komisi sekian persen dari total harga barang yang dijual.Produk yang dijual pun bermacam, ada produk berbentuk fisik, berbentuk digital, dan juga berbentuk membership.

2. Bisnis Dengan Membuat Toko Online
Memiliki sebuah toko online saat ini sudah sangat mudah. Bisnis ini bisa dijalankan oleh orang yang memiliki toko offline dan ingin meningkatkan penjualan dengan cara menjual secara online. Tapi bisnis ini juga bisa dikerjakan oleh orang yang tidak memiliki produk, yaitu dengan cara bergabung dengan sistem dropship yang ditawarkan oleh sebuah produsen barang.

3. Bisnis Iklan di blog/ website
Bisnis ini sangat cocok untuk orang yang memiliki web atau blog dengan trafik pengunjung yang tinggi. Salah satu model bisnis iklan adalah dengan mengikuti program PPC (pay per click) seperti Google Adsense, Bidvertiser, Kliksaya, Kumpulbloger, dan lain-lain. Selain iklan PPC, model bisnis iklan yang lain adalah dengan cara menawarkan space iklan pada blog Anda dengan harga yang sudah Anda tentukan.

4. Menjadi penulis lepas
Saat ini cukup banyak lho yang menjalani profesi sebagai penulis lepas, baik itu menulis artikel bahasa Inggris ataupun menulis artikel bahasa Indonesia. Untuk artikel bahasa Inggris biasanya tarif nya lebih mahal daripada artikel bahasa Indonesia. Ada beberapa tempat yang dapat dijelajahi untuk mendapatkan job dari orang yang sedang mencari penulis artikel, misalnya: fiverr.com, ads-id.com, dan masih banyak lagi.

5. Bisnis MLM online
Ini adalah bisnis Multi Level Marketing yang dijalankan secara online. Tidak seperti binsi MLM konvensional yang biasanya menyita waktu dan tenaga untuk kegiatan pertemuan, follow up calon member, dan pembelian barang, semua proses itu bisa dilakukan secara online. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua bisnis MLM punya sistem yang baik, pastikan bisnis MLM online yang Anda ikuti punya produk dan sistem yang bagus dan menguntungkan.

6. Menjual Jasa Secara Online
Ada banyak jasa yang bisa dijual secara online. Salah satunya adalah jasa membuat website/ blog profesional atau yang sering disebut dengan web developer. Peluang usaha yang satu ini menurut saya sangat potensial karena tidak banyak orang yang bisa membuat website profesional untuk bisnis mereka. Baca ulasan saya tentang peluang usaha menjadi web developer.

Sebenarnya masih ada banyak peluang bisnis modal kecil yang bisa kita kerjakan dari rumah tapi sayangnya saya tidak bisa menuliskan semuanya di artikel singkat ini. Satu hal yang perlu kita ingat bahwa walaupun bisnis atau usaha yang dijalankan hanya dengan modal kecil bukan berarti keuntungan yang akan didapatkan kecil juga. Buktinya adalah usaha kenalan saya itu, dia tidak punya produk sendiri, dengan modal yang kecil dia menjalankan bisnis dropship, tapi penghasilan yang di dapatkan luar biasa, bahkan lebih besar dari gaji seorang manajer Bank. Visi dan misi, semangat dan kerja keras yang dilakukan secara terus menerus tentu akan memberikan hasil yang maksimal, bahkan bisa saja melebihi harapan kita. Semoga artikel ini menginspirasi Anda.

1. Bisnis Jasa Cuci Motor dan Mobil


Kalau kita perhatikan perkembangan jumlah pengguna kendaraan motor dan mobil mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Para pemilik kendaraan bermotor ini selalu membutuhkan layanan cuci motor untuk membersihkan kendaraan mereka, terutama para pemilik kendaraan bermotor di kota-kota besar.

Bisnis jasa cuci motor dan mobil ini selalu punya pasar tertentu dan tidak akan pernah sepi. Alasan para pemilik kendaraan menggunakan jasa cuci motor biasanya karena jasa cuci motor dianggap lebih praktis dan murah daripada harus mencuci kendaraan mereka sendiri.

Tentunya untuk membangun usaha jasa cuci motor dan mobil ini membutuhkan modal, yaitu modal untuk pengadaan peralatan, sewa tempat, dan untuk gaji karyawan. Di awal usaha memang terasa banyak pengeluaran karena harus mempersiapkan berbagai hal. Namun, setelah menjalankan usaha ini dengan baik, sedikit demi sedikit kamu akan melihat keuntungan yang sangat menggiurkan dari bisnis ini.

2. Bisnis Jasa Laundry


Saat ini bisnis jasa laundry sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat lho. Pelanggan jasa Laundry ini berasal dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan mahasiswa, pekerja kantoran, dan dari perumahan. Walaupun sudah banyak rumah tangga yang punya pembantu untuk mencuci pakaian mereka, ternyata rumah tangga tersebut masih membutuhkan jasa laundry untuk pakaian tertentu.

Kamu pasti sering melihat mobil loundry yang mengantar atau menjemput pakaian dari pelanggan mereka. Ini adalah salah satu bentuk layanan yang diberikan oleh para pengusaha laundry kepada pelanggan mereka agar pelanggan tidak perlu repot mengantarkan pakaian mereka. Layanan ini tentu saja akan membuat pelanggan merasa terbantu dan menjadi pelanggan setia.

Keuntungan dari bisni laundry ini terbilang cukup besar karena pengguna jasa ini selalu melakukan order berulang-ulang. Bisa dikatakan bisnis ini akan terus bersinar, sama halnya dengan bisnis di bidang kuliner karena permintaannya dari para pelanggan setia.

Di atas tadi adalah 2 contoh bisnis kecil di bidang jasa yang cukup menjanjikan. Tentu masih banyak jenis usaha lainnya yang menjanjikan, pastikan kamu memilih bisnis yang cocok dengan kebutuhan orang-orang di sekitar bisnis tersebut agar usaha yang dibangun terus berkembang.

PENUTUP:
jaman sudah berubah,macam-macam bisnis pun sudah banyak beredar,tak terkecuali bisnis rumahan,selagi menghemat biaya gedung bisnis rumahan juga merupakan bisnis yang bisa di tiru,selagi menguntungkan kenapa tidak.

DAFTAR PUSTAKA



TULISAN 6


Mencoba Berbisnis dari Hobi Yang Menyenangkan

PENDAHULUAN:

Hobi adalah salah satu penghilang rasa jenuh di tengah padatnya aktivitas,hobi pun bermacam-macam,namun jangan sangka hobi hanya bisa mengeluarkan uang dan menghamburkan nya saja,sekarang banyak sekali hobi yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang,dan ini bisa saja menjadikan pasar bisnis untuk mengambil profit yang sangat besar.

ISI:

sekedar hobi. Dari hobi, Anda juga bisa menghasilkan uang. Pilihlah hobi-hobi yang bisa menghasilkan uang dan lihat juga apakah hobi Anda menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Hobi tidak hanya sekedar hobi. Dari hobi, Anda juga bisa menghasilkan uang. Pilihlah hobi-hobi yang bisa menghasilkan uang dan lihat juga apakah hobi Anda menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Setiap orang memiliki kemampuan dan keahilan masing-masing. Bisnis dari hobi kini bukan menjadi sesuatu yang mustahil asal.

Pandai Memanfaatkan Keahlian

Cobalah untuk jeli melihat kemampuan diri Anda. Jika selama ini Anda tidak mempunyai hobi tertentu, maka cobalah untuk melihat kemampuan diri Anda yang bisa diandalkan. Misalnya Anda pandai berbahasa Inggris, mungkin Anda bisa membuka les privta untuk anak sekolah. Anda jadi bisa memiliki uang tambahan karenanya.

Selain bisa mendapatkan uang, Anda juga bisa menolong orang lain untuk bisa mempelajari bahasa Inggris dari Anda. Lalu jika Anda pandai mendesain web, Anda juga bisa menjadi web developer. Anda berpotensi untuk memiliki uang tambahan yang cukup besar karenanya. Konsumen utama Anda adalah orang-orang yang memiliki blog atau website, tetapi tidak bisa mendesain blog atau website mereka dengan baik. Bisnis dari hobi tentunya akan sangat menolong Anda karena selain bisa jadi bisnis sampingan, keahlian juga bisa jadi bisnis utama kita.

Untuk tarif, Anda bisa memasang tarif sesuai dengan kebutuhan, tergantung dari tingkat kesulitan desain yang akan dibuat. Semakin bagus desain yang Anda buat tentunya Anda akan semakin dibayar mahal karenanya.

Berbisnis Dari Alat Musik

Musik adalah sesuatu yang bersifat universal. Banyak orang yang rela mengikuti les musik karena ingin belajar musik dengan intensif. Namun jika dirasa harga untuk membayar les musik tersebut cukup mahal, maka Anda bisa membuka les privat sendiri. Jika Anda pandai bermain piano, Anda bisa membuka les privat piano, hal ini juga berlaku untuk alat musik lainnya.

Les privat musik adalah salah satu bisnis dari hobi yang sangat menguntungkan. Bayarannya pun bisa digunakan untuk tambahan uang jajan per bulan. Namun yang harus diingat adalah Anda sudah harus mahir supaya bayaran yang Anda dapatkan juga sebanding dengan ilmu yang didapatkan oleh orang-orang yang sudah mengikuti les privat dengan Anda.

Sebenarnya, ada banyak sekali bisnis yang bisa dilakukan, tergantung keadaan Anda sekarang seperti apa. Masalahnya adalah apakah Anda mau melakukannya sekarang atau tidak? Ada banyak jenis bisnis dari hobiyang bisa Anda lakukan, tidak terpaku oleh kedua hal diatas. Selain bisnis onilne dan bisnis dari hobi, Anda juga bisa melakukan bisnis lainnya seperti bisnis rumahan. Masalah pertama ketika Anda akan memulai berbisnis tentu saja adalah modal.

Modal sebenarnya bukan sesuatu yang sangat mutlak diperlukan karena tidak semua bisnis membutuhkan modal besar, apalagi jika Anda memutuskan untuk terjun di bisnis online. Jadi Anda jangan takut untuk berbisnis karena darimanapun Anda memulainya, maka akan selalu ada jalan untuk meraih kesuksesan Anda dalam berbisnis.

PENUTUP:

Salah satu dari banyak hobi ialah hobi memainkan alat musik,tanpa disadari dari menggemari alat musik kita bisa menjadikannya peluang untuk berbisnis ,dengan modal keahlian di bidang hobinya tersebut,hobi bisa saja merubah yang tadinya hanya kegemaran untuk menghilangkan jenuh,menjadi pundi-pundi keuntungan bila di kelola dengan baik

DAFTAR PUSTAKA:

http://www.ubisnis.com/mencoba-berbisnis-dari-hobi-yang-menyenangkan.html



NAMA : HALDY DWI PRAYOGA


NPM : 24214708


KELAS : 1 EB 30 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar